,
11 Desember 2017 | dibaca: 460 pembaca
Hari Perkebunan Ke-60

Dialog Perkebunan

DIY, skornews.com

 

Hari Perkebunan ke-60 dengan tema “Perkebunan Sumber Kemakmuran dan Perekat Bangsa" diperingati di Kampus INSTIPER Yogyakarta. Semangat mengembalikan kejayaan perkebunan dan rempah tanah air ditunjukkan seluruh civitas akademika yang diselenggarakan Generasi muda perkebunan Institut Pertanian (Instiper) bekerjasama dengan Jajaran Perkebunan, Kementerian Pertanian, (9-11/12/17).

 

 

Terhadap PDB Nasional, Komoditas perkebunan memberikan kontribusi sebesar 34% atau senilai Rp 429,68 Triliun, angka ini bahkan lebih besar dari kontribusi Minyak dan Gas sebesar Rp 369,35 Triliun.

 

Hasil perkebunan sebagai komoditas yang mampu memelihara dan memperbaiki fungsi lingkungan dan fungsi sosial adalah perekat dan pemersatu bangsa.

 

 

Direktur Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Ir. Bambang, MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa suksesnya komoditas perkebunan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia dengan sinkronisasi program yang saling berpadu antara pusat dan daerah agar tercipta sinergitas, harmonisasi dan implementasi serta optimalisasi program pembangunan perkebunan yang merefleksikan kepentingan petani perkebunan.

 

 

Dirjen Perkebunan menambahkan bahwa Indoensia dikenal sebagai produsen pangan dan energi baru-terbarukan paling produktif dan efisien.

 

“Siapa yang menguasai pangan dan energy maka akan menguasai dunia,” kata bambang mengutif ucapan Proklamator, Bung Karno.

 

Sementara itu, Ktua komisi IV DPR RI, Edhi Prabowo, MM., MBA. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Komisi IV memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan program Perkebunan demi mengembalikan kejayaan perkebunan dan rempah Tanah Air.

 

 

“Anggaran Perkebunan Tahun 2018 telah kami setujui sebesar Rp 1,9 Triliun, lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 490 Miliar,” kata Edhi Prabowo.

 

Peringatan Hari Perkebunan ke-60 diselenggarakan sejumlah kegiatan, diantaranya Dialog Perkebunan Peningkatan Daya Saing Teh Indonesia, Sinergi untuk Kejayaan Kopi Berkelanjutan, Meningkatkan Produktivitas dan Mutu Kakao Indonesia, Peningkatan Produksi dan Daya Saing Kelapa Indonesia, Replanting dan Peningkatan Daya Saing Karet Indonesia serta Pengembangan Perkebunan Sawit Berkelanjutan.

 

 

Hari perkebunan juga menampilkan Fun Bike, Pencak Silat, tarian Kolosal, Pameran Perkebunan, Job plantation fair, Bazar, Lomba Melukis dan Mewarnai, Pentas Seni dll.

 

 

Hadir sebagai pembicara Ketua Komisi IV DPR RI Edhi Prabowo, Dirjen Perkebunan Ir. Bambang, Rektor Instiper Dr. Poerwadi, MS., pemerhati dan praktisi perkebunan Prof. J. Kristiadi, Dewan Rempah dan Atsiri Indonesia serta sejumlah pelaku usaha perkebunan diantaranya PT RPN, Dewan Teh Indonesia, Asosiasi Kopi, Dewan Kakao Indonesia, Dewan Kelapa Indonesia, Dewan Karet Indonesia, Dewan Minyak Sawit Indonesian dan Sekretariat ISPO. ||drw

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com