,
25 Oktober 2015 | dibaca: 1830 pembaca
Hakim Nyatakan PT Prudential Wanprestasi

SKORnews.com, Jakarta

UNTUK kesekian kalinya PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), yang didirikan  pada  1995 dan merupakan perusahaan asuransi jiwa  terkemuka di Indonesia, dinyatakan oleh Majelis Hakim telah melakukan “Ingkar Janji” atau wanprestasi atas gugatan salah satu keluarga nasabah.

 

Setelah beberapa kali ditunda oleh Majelis Hakim pemeriksa perkara, akhirnya pada Kamis, (22/10/2015) sidang dengan agenda pembacaan putusan telah digelar dalam perkara nomor 160/Pdt.G/2015/PN.Jkt.Sel, antara Hotmauli Manurung selaku Penggugat dengan PT Prudential Life Assurance sebagai Tergugat.

 

Perkara gugatan terhadap Prudential Indonesia yang merupakan bagian  dari  Prudential  plc, yaitu grup jasa keuangan yang berbasis di Inggris ini, telah berlangsung selama kurang lebih 7 bulan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, sejak April 2015 lalu.

 

“Perkara ini bermula dari penolakan Prudential atas klaim yang diajukan oleh Ibu Hotmauli Manurung atas asuransi jiwa yang diikuti oleh Almarhum Suaminya, Bapak Tohap Napitupulu (Tertanggung)”, jelas Capt. Samuel Bonaparte Hutapea AMd SH SE Master Mariner, Managing Partner Samuel Bonaparte & Partners selaku kuasa hukum Penggugat.

 

Dalam Press Release yang diterima Skornews.com, Sabtu (24/10/2015), Samuel menuturkan, dalam dalilnya Prudential memberikan pendapat terkait kesehatan Tertanggung dan juga pendapat atas diagnosa atau  pernyataan dari dokter spesialis yang pernah memeriksa Tertanggung.

 

Terkait hal itu, Penggugat menolak keras dalil tersebut. Karena Tergugat sebagai perusahaan asuransi bukanlah seorang dokter sehingga tidak berwenang mendiagnosa kesehatan siapapun alih-alih mendiagnosa atau menganalisa hasil diagnosa dari seorang dokter, paparnya.

 

Dalam putusannya, kata Samuel, Majelis Hakim pada pokoknya menyatakan Prudential telah melakukan perbuatan Wanprestasi atau Ingkar Janji kepada nasabahnya, yaitu Alm. Tohap Napitupulu (dengan ahli waris Hotmauli Manurung) dan dihukum untuk membayar hak nasabahnya serta membayar Biaya Perkara.

 

Menurut Samuel, meskipun tidak seluruh tuntutan atas hak dan kerugian Penggugat dikabulkan oleh Majelis Hakim, namun kami tekankan jika perkara ini sama sekali bukan perkara nominal uang, namun lebih pada tegaknya kebenaran, keadilan dan kehormatan bagi Penggugat (Ibu Hotmauli Manurung sebagai ahli waris dari Alm. Tohap Napitupulu).

 

“Perkara ini, harus menjadi peringatan kepada pihak Prudential maupun perusahaan asuransi lain untuk tidak melanggar hukum dengan menahan hak nasabahnya,” tandasnya.

 

Sampai dengan saat ini, ujarnya, Ibu Hotmauli Manurung selaku Penggugat masih belum memutuskan apakah akan mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan  tersebut. “Namun demikian, dalam hal pihak Prudential mengajukan banding atas putusan ini, maka pihak Penggugat lebih dari siap untuk menghadapi hal tersebut,” tegasnya. @ Ril/Isk/S10

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com