,
20 Oktober 2016 | dibaca: 576 pembaca
Gernas 2016, Tingkatkan Produktifitas Kakao ?

Jakarta, skornews.com

 

Gerakan Nasional Kakao berkelanjutan Tahun 2016 di Kementerian Pertanian diharapkan dapat meningkatkan produktifitas kakao untuk meningkatkan kesejahteraan petani kako. Hal tersebut hanya dapat dicapai dengan maksimalisasi kualitas realisasi program melalui evaluasi dan pengawasan bebas “kongkalikong” dengan rekanan pelaksana pekerjaan.

 

Program Gernas kakao di Sulawesi Barat kini telah mendekati realisasi 100% penyerapan anggaran, hanya menyisakan distribusi pupuk ke petani itupun kabarnya telah dilaksanakan oleh rekanan, “informasi dari rekanan telah didistribusikan 100% ke petani,” kata PPK Gernas Prov. Sulbar, Hasan.

 

“Senin depan tim tekhnis akan melakukan evaluasi di lapangan,” kata hasan melanjutkan.

 

Ditanyakan tentang rentannya manipulasi kandungan unsur hara dalam pupuk gernas sebagaimana pengalaman sebelumnya, “hasil laboratorium telah ada sama tim PHO,” tutur Hasan.

 

Terkait produsen/pabrikan pupuk gernas Sulbar yang diduga dimonopoli oleh PT Polowijo Gosari, “itu pihak rekanan pemenang tender pengadaan pupuk yang menggandeng PT Polowijo Gosari,” terang Hasan.

 

Sebagaimana pemberitaan skornews terkait produsen pupuk gernas 2015 lalu yang juga bersumber dari PT Polowijo Gosari, bahwa diduga PT Polowijo lebih banyak disuplai dari home-home industri lokal di Gresik untuk memenuhi volume pengadaan pupuk gernas sehingga dikuatirkan berpengaruh pada rendahnya kualitas pupuk tersebut.

 

Sementara itu, realisasi program Gernas di Kabupaten Polman dan Majene saat ini hampir mencapai 100%, “saat ini serapannya telah mencapai 97%,” kata Kadis Perkebunan dan Kehutan Kab. Polman, Ir. Nusalam.

 

Diharapkan, pihak Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Barat ikut serta mengawasi secara intensif realisasi Program Gernas kakao terutama kualitas dan kandungan unsur hara dalam pupuk yang rentan terjadi manipulasi kaena hanya mengambil sedikit sample untuk diuji laboratorium //Awi

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com