,
14 Maret 2017 | dibaca: 1141 pembaca
DPRD Respon Dugaan Pemerasan Kades Minasaupa

Kepala Desa Minasaupa, H. Abdul Wafir

Maros-Sulsel, Skornews.com

 

Dugaan pemerasan Kepala Desa Minasaupa, H. Abdul Wafir berusaha mengaburkan fakta-fakta yang membuktikan pemerasannya kepada calon Kepala Dusun.

 

Diberitakan sebelumnya, Kades Minasaupa diduga memanfaatkan seleksi perangkat desa dan kadus di wilayahnya dengan meminta sejumlah uang pada calon kepala dusun dengan alasan biaya pengawalan berkas ke kabupaten.

 

Korban pemerasan inisial “A” mengatakan, sejak kasus pemerasan tersebut menjadi buah bibir pemberitaan media dan ramai diperbincangkan masyarakat, Kades Minasaupa sudah susah diajak berkomunikasi dan bahkan tertutup.

 

“Kades bersama "R" meminta agar saya menandatangani surat pernyataan yang mereka bawa, inti suratnya berbunyi tidak benar ada pembayaran/pemerasan calon kepala dusun sebesar Rp 1 Juta curiga itu jebakan, saya lalu menolak bertandatangan,” tutur A kepada skornews (13/3).

 

Ketua Umum PB HIPMI Maros Raya, Abd. Aziz saat dikonfirmasi Skornews (14/3) di sekretariatnya, kompleks regency Maros blok AB. 2/E menyayangkan sikap BPD Minasaupa yang kurang merespon informasi tersebut, padahal sudah menjadi tugasnya melakukan pengawasan di internal Pemerintah Desa Minasaupa, jangan-jangan ada oknum di BPD yang ikut menikmati uang hasil pemerasan itu.

 

“Polisi diharapkan segera mengusut kasus tersebut,” geram Aziz.

 

Penelusuran skornews berlanjut ke DPRD Maros, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Partai Gerindra, H. Muh. Yusuf Damang saat dikonfirmasi di ruang Komisi I mengatakan, Perda No. 11 Tahun 2016 terkait pemilihan perangkat Desa/Kadus tidak membenarkan adanya pungutan uang kecuali kalau Kades Minasaupa membuat aturan tersendiri untuk melegalkan pembayaran tersebut, “tapi jelas hal itu bertentangan dengan aturan diatasnya,” tegasnya.

 

Yusuf Damang berharap agar Ketua Komisi I secepatnya merespon kasus dugaan pemerasan Kades Minasaupa, panggil yang bersangkutan dan apabila terbukti memeras calon kadus maka polisi harus memprosesnya secara hukum. ||Rauf

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com