,
23 September 2015 | dibaca: 1148 pembaca
DPD RI Prioritaskan DOB Balanipa
Asri : DOB Balanipa Utang Komite I DPD RI

Anggota DPD/MPR RI, Dapil Sulawesi Barat, Muh. Asri Anas

Skornews.com, Polman Sulbar

Anggota Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Muh. Asri Anas optimis dan menargetkan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Balanipa terealisasi pada tahun 2016. Pemekaran Balanipa bahkan disebut sebagai “Utang” tersendiri bagi Komite I DPD RI.

 

“Insya Allah tahun 2016 sudah dapat disahkan dalam sidang paripurna DPR RI di Jakarta” tegas Muh. Asri Anas saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Polewali Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat, Senin (14/9).

 

Secara kelembagaan DPD RI disebutkan telah menyetujui dan tidak mempermasalahkan rencana pemekaran Balanipa dari kabupaten induk Polewali Mandar, selanjutnya tinggal pembahasan di DPR RI kemudian dilanjutkan ke pemerintah. Untuk itu, calon DOB Balanipa akan diprioritaskan dan direkomendasikan ke Komisi II DPR RI.

 

“Kami pasti akan rekomendasikan ke Komisi II DPR RI, agar Balanipa ini prioritas untuk dimekarkan” tegasnya.

 

Komitmen DPD RI itu dibuktikan dengan melakukan kunker langsung ke wilayah calon DOB Balanipa. Rombongan Komite DPD yang khusus membidangi persoalan pemekaran daerah itu dipimpin langsung oleh Ketua Komite I DPD RI, Drs. H. Akhmad Muqowwam, diikuti 7 Anggota Komite I DPD RI, di antaranya, Muh. Asri Anas, A. Hudarni Rani, Nurmawati Dewi Bantilan, Abdul Azis Khafia,  Jacop Esau Komigi, Antung Fatmawati dan Syafruddin Atasoge.

 

Dalam kunker itu, rombongan komite I DPD RI menggelar rapat dan dialog di Kantor Camat Tinambung. Diawali dengan sambutan Ketua KAPP Balanipa, Mujirin M Yamin, lalu Wakil Bupati Polman M. Natsir Rahmat. Sementara, dialog dipandu langsung oleh senator RI asal Sulbar, Muh. Asri Anas.

 

Dialog berlangsung seru. Masing-masing perwakilan diberikan kesempatan, mulai dari Ketua Tim lobi pemekaran, Hasan Sulur, Anggota DPRD Sulbar, Anggota DPRD Polman, Kepala Desa, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat. Selaku moderator, Asri Anas memberikan kesimpulan diakhir dialog. Ia meminta agar masyarakat tak khawatir dan ragu atas upaya yang dilakukan oleh komite I DPD RI.

 

“Jangan ragukan kami. Dari 22 yang masuk dan dipersiapkan untuk dimekarkan, adalah Balanipa ini yang paling pertama kami kunjungi. Balanipa ini komplit. Dorongan datang dari semua unsur, mulai dari pemerintah, Komite aksi, DPRD, Tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan semua masyarakatnya,” kata Asri.

 

Sementara Ketua Komite Aksi Percepatan Pembentukan (KAPP) Kabupaten Balanipa, Mujirin M. Yamin juga mengungkapkan optimismenya.

 

“kami sangat optimis, jika tidak ada aral melintang dan halangan Insya Allah setelah kami dijakarta akan lebih banyak berkoordinasi sama pak Asri Anas karna beliaulah yang paling ngotot agar secepatnya balanipa disahkan apalagi sampai saat ini DOB Balanipa masuk diurutan pertama, pokoknya kami sangat optimis  bersama masyarakat balanipa” kata Mujirin.

 

Salah seorang anggota DPRD Polman, Rahmadi dalam dialog itu sempat menanyakan kepada rombongan anggota DPD RI terkait tidak adanya unsur pemerintah yang membidangi DOB yang menyertai kunjungan kerja itu.

 

“Kami ini datang ke Balanipa dari unsur masyarakat, bukan dari unsur pemerintah akan ada agenda khusus  unsur dari pemerintah mengunjungi balanipa tunggu saja” Jawab Asri Anas yang disambut aplaus dari peserta dialog.

 

Ada yang menarik pasca kedatangan kunjungan anggota DPD RI itu. Pantauan Skor di beberapa tempat mulai dari warung-warung kopi sampai di kantor-kantor kecamatan yang masuk dalam calon DOB Balanipa terdengar bisik-bisik para pegawai untuk saling meningkatkan kinerjanya, hal itu agar bisa menduduki jabatan strategis dikabupaten baru kelak.

 

Selain itu, informasi yang diterima Skor harga tanah permeter sudah mulai mahal dan saat ini sudah mulai banyak pendatang baru melirik Kecamatan Campalagian untuk mendirikan usaha bahka beberapa Bank swasta rencana juga akan buka, pasalnya Kecamatan Campalagian adalah calon ibukota Kabupaten Balanipa berdasarkan hasil sidang paripurna DPRD Kabupaten Polewali Mandar. Ariefuddin Haroen

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com