,
27 Januari 2015 | dibaca: 902 pembaca
Diduga Miliaran Sewa Rusunawa Digarong

Skornews.com, Jakarta.

Program Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk warga kurang mampu yang dilaksanakan Pemerintah DKI Jakarta dimanfaatkan oknum pengelola untuk meraup keuntungan pribadi dengan cara “merampok” dana sewa Rusunawa yang telah dibayarkan para penghuni ke pengelola tahun 2013 lalu.

 

Dana sewa Rusunawa yang seharusnya masuk ke rekening pemerintah daerah itu justru diselewengkan oknum pengelola dan tidak disetor ke kas daerah Pemerintah DKI Jakarta sehingga mengakibatkan kerugian keuangan daerah hingga dua miliaran lebih.

 

Penyelewengan dana sewa Rusunawa itu diduga dilakukan oleh tiga Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) yakni UPRS I, II, dan III pada tahun anggaran 2013 lalu. Demikian disampaikan Koordinator Tim Investigasi Lembaga Informant Korupsi (LIK), yang akrab disapa bang Awi kepada Skor beberapa waktu yang lalu.

 

“Ada tiga unit pengelola yang bermasalah yakni UPRS satu, dua, dan tiga, itu ada dana sewa yang sudah dipungut tapi tidak disetor ke kas daerah, jumlahnya sampai miliaran rupiah” ungkap Awi.

 

Awi menduga penyelewengan dana sewa itu tidak hanya dilakukan oleh pihak pengelola saja tapi kuat dugaan keterlibatan oknum pejabat pada dinas terkait.

 

“Tidak mungkin pengelola berani bertindak sendiri, ini pasti ada kerjasama dengan pejabat di atasnya” sebut Awi.

 

Lebih lanjut, Awi meminta kepada gubernur DKI Jakarta agar melakukan pembenahan pada sistem administrasi penerimaan pembayaran sewa Rusunawa untuk menghindari terulangnya penyelewengan dana sewa itu.

 

“Harus ada perbaikan, dan kita minta agar pak gubernur Ahok tegas dalam penataan pengelolaan Rusunawa di Jakarta, dan berani menindak tegas para pelaku penyelewengan dana itu” tegasnya.

 

Untuk diketahui pengelolaan layanan hunian Rusunawa di Jakarta dikelola oleh Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS), dan setiap UPRS mengelola beberapa komplek yang terdiri dari ribuan unit.

 

Terkait dugaan itu, Skor telah mengirim surat permintaan klarifikasi kepada dinas terkait, namun hingga berita ini ditulis Skor belum ada penjelasan dari dinas terkait. Doel/Skor 02

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com