,
12 September 2015 | dibaca: 690 pembaca
Diduga KPU Lenyapkan Berkas Lahiya-Purukan

Suasana sidang di Panwaslu Bitung. Insert: Lukman Lamato.

SKORnews.com, Bitung

Penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung yang dilaksanakan KPU Kta Bitung beberapa waktu, berbuntut panjang. Pasalnya, salah satu pasangan Bakal Calon Walikota Bitung yang tidak lolos dari jalur perseorangan (Independen), Ridwan Lahiya dan Max Purukan mengajukan gugatan kepada KPU Kota Bitung.

 

Pasangan Bakal Calon Walikota Bitung dari jalur perseorangan (Independen), Ridwan Lahiya dan Max Purukan ini memasukkan gugatan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bitung di Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kota Bitung,.Rabu (09/09/2015).

 

Pasangan Ridwan Lahiya dan Max Purukan menganggap, tidak terakomodirnya mereka disebabkan karena ada 2 berkas yang tidak ada, dan patut diduga hal tersebut memang sengaja dilenyapkan KPU Kota Bitung.

 

Menurut Lukman Lamato, Politisi senior yang sekaligus mengawal pasangan ini untuk melakukan gugatan di Panwaslu Kota Bitung, KPU Bitung sebagai penyelenggara telah melanggar kode etik, karena telah menghilangkan dua jenis blangko, yakni Blangko B2KWK dan blangko BK/WK.

 

Kedua blangko itu, kata Lamato, yakni blangko B2KWK serta BK/WK sudah ada saat pasangan Ridwan Lahiya dan Max Purukan melakukan pendaftaran, namun saat memasukkan perbaikkan dukungan justru sudah tidak ada. “Pihak Lahiya-Purukan memiliki bukti yang sangat kuat," jelas Lamato saat ditemui wartawan Skornews di salah satu pusat belanja di bilangan Girian,.Rabu (09/09/2015).

 

Saat berita ini dipublish, suasana sidang musyawarah penyelesaian sengketa atas gugatan Ridwan Lahiya dan Max Purukan sementara berlangsung di Sekretariat Panwaslu Kota Bitung serta belum ada informasi apakah gugatan tersebut diterima atau ditolak. Kamis,10 September 2015. @ Arham Licin/S10

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com