,
03 November 2014 | dibaca: 1229 pembaca
DANREM 143 Sosialisasi Bahaya FROXY WAR

skornews.com, Kendari-Sultra

 

Seiring dengan perkembangan teknologi, Kemungkinan terjadinya perang konvensional antardua negara dewasa ini semakin kecil namun adanya tuntutan kepentingan kelompok telah menciptakan perang-perang jenis baru, diantaranya adalah perang asimetris, perang hibrida dan perang proxy.

 

Perang proxy atau proxy war adalah sebuah konfrontasi antar dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan mengurangi risiko kehancuran fatal. Biasanya, pihak ketiga yang bertindak sebagai pemain pengganti adalah negara kecil namun juga bisa menggunakan LSM, ormas, kelompok masyarakat dan lainnya.

 

Guna menangkal hal tersebut, Jajaran Komando Resort Militer (KOREM) 143/HO Kendari, merangkul para pemuda dalam menghadapi ancaman gangguan keamanan dan keutuhan bangsa dan negara melalui sosialisasi bahaya perang Proxi atau Proxy War di gedung pertemuan Universitas Haluoleo yang diikuti seluruh pelajar dan mahasiswa se-Kota Kendari, senin (27/10).

 

Proxy War merupakan perang antara dua pihak yang tidak saling berhadap-hadapan namun menggunakan pihak ketiga untuk mengalahkan musuh,” kata Danrem, Kolonel Arh. Andi Sumangerukka.

 

Ditambahkan, perang ini dilakukan melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara, karena itu peran pemuda sangat strategis untuk menangkal perang model itu,” urainya.

 

Indikasi adanya Proxy War di Indonesia diantaranya adalah gerakan separatis, demonstrasi massa, bentrok antar kelompok, peredaran narkoba dan lainnya,” ungkap Danrem.

 

Pelajar sebagai tulang punggung bangsa harus menyadari berbagai tantangan dan ancaman bangsa tersebut untuk kemudian bersatu padu dan bersinergi menjaga keselamatan bangsa dan negara, sejumlah aksi yang dapat dilakukan untuk menangkal proxy war diantaranya dengan selalu mengidentifikasi dan mengenali setiap masalah.

 

Pelajar juga diminta untuk tidak mudah terpengaruh pada budaya asing dan arus globalisasi. ”Jadilah tokoh dan contoh di lingkungan kalian masing-masing. Karena pelajar adalah calon pemimpin masa depan,” ujar Danrem Arh. Andi Sumangerukka. @Dm. Ridwan

 

 

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com