,
29 April 2017 | dibaca: 1009 pembaca
Chaidir Syam: Politik Adalah Seni Yang Harus Dipahami Dengan Baik

Chaidir Syam bersama keluarga

Maros-Sulsel, skornews.com

 

H. A.S, Chaidir Syam, S.IP. Pria kelahiran Bone 40 Tahun silam ini adalah Ketua DPRD Maros Periode 2014/2019 dan juga menjabat Sekretaris DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kab. Maros. Ia dikenal sebagai politisi cerdas, ramah, berintegritas dan memiliki kepekaan sosial.

 

Aktivis pemuda dan mahasiswa mengenal Chaidir sebagai tokoh pemersatu kharismatik, disenangi rakyat dan dikagumi dikalangan pemuda, kepribadiannya yang baik dan kerap menelorkan ide-ide cemerlang membuat sejumlah kalangan mengidolakan dan menjagokannya kelak dapat memimpin Kab. Maros.

 

Chaidir terpilih sebagai Ketua DPRD Maros setelah berhasil mendulang suara terbanyak dari calon legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan total suara 7.701 pada pemiilihan Tahun, 2014 lalu.

 

 

Skornews berkesempatan melakukan wawancara ekslusif dengan Ketua DPRD Kab. Maros, H. A.S. Chaidir Syam, S.IP. (28/4/17).

 

***Bagaimana anda bisa menduduki jabatan Ketua DPRD ?

 

Ada kesepakatan internal partai bahwa siapa yang berhasil meraih suara terbanyak akan diprioritaskan untuk menjabat Ketua DPRD.

 

***Apa pandangan anda tentang Legislator ?

 

Politik adalah seni dan seni harus difahami dengan baik, Kepercayan sebagai wakil rakyat adalah suatu pekerjaan mulia karena setiap saat dapat berinteraksi dengan masyarakat, mendengarkan keluhan dan membantu menyelesaikannya. Yang terpenting bukanlah jabatannya tetapi jauh lebih utama adalah memperjuangkan kepentingan masyarakat.

 

***Bisa ceritakan sidikit perjalanan karir anda ?

 

Sebelum berkecimpung di dunia politik, saya banyak menjalani proses pembelajaran dan gemblengan di Lembaga Kepemudaan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan pernah dipercaya menjadi Ketua Umum DPD KNPI Kab. Maros, Ketua Umum Pimpinan Pusat HPPMI Kab. Maros Tahun 2002, Ketua Bidang Pengembangan Ilmu Pengetahun (PIP) PW IRM Sulawesi Selatan, Asisten City Forum Spesialist, Urban Coordinator program SWASH CARE International Indonesia Tahun, 2007 dan menggeluti dunia Non Goverment Organisation (NGO).

 

Saat masih jadi mahasiswa, saya aktif di organisasi disitulah karakter terbentuk, pertemanan semakin luas dan kita dapat menambah capacity building. Mengikuti kegiatan-kegiatan social kemasyarakatan.

 

Pasca reformasi, saya menjabat Ketua BM PAN Maros dan akhirnya bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) karena mengagumi sosok Amin Rais sebagai tokoh reformis sekaligus pendiri Partai yang penuh inspiratif.

 

***Bagaimana membagi waktu antara karir, pekerjaan dan keluarga ?

Keluarga adalah semangat hidup, semangat meraih impian terbaik, hal paling utama dan spirit untuk melakukan yang terbaik. Kembali lagi, komunikasi menjadi kunci utama dalam menjaga keharmonisan.

 

Sebagaimana diketahui, Chaidir adalah jebolan Fakultas Sospol, Universitas Hasanuddin Makassar. Kini, disela kesibukannya sebagai wakil rakyat, Ia juga aktif kegiatan sosial di sejumlah organisasi, salah satunya sebagai Ketua PMI (Palang Merah Indonesia) Kab. Maros.

 

Bagi Chaidir, menduduki jabatan Ketua DPRD harus pandai membangun sinergitas antara legislatif dan eksekutif. Menurutnya, Kedua Lembaga ini harus menjalankan fungsi sesuai tupoksinya. Misalnya, DPRD harus menjalankan fungsi legislasi, anggaran (budgeting) dan pengawasan (controlling).

 

Komunikasi Legislatif dan eksekutif harus berjalan sinergis dalam meciptakan tata birokrasi pemerintahan yang lebih baik, good governance.

 

“Semua persoalan dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik,“ kunci Chaidir.

 

 

Data Diri


Nama: H. A.S, Chaedir Syam, S.IP


Tempat/Tanggal Lahir: Bone, 02  Februari 1977


Pekerjaan: Ketua DPRD Kabupaten Maros periode 2014-2019


Alamat: Jl. Mawar No. 11 Maros


Istri: Hj. Ulfiah Nur Yusuf, S.Si., Apt


Anak: Muhammad Gemilang Pagessa, Tis’a Nurfath Pagessa, A. Muhammad Fathan, Andi Fahira Chaidir, Andi Muhammad Fahmi, Andi Naurah Alfaza Chaidir

 

Orang Tua: Ayah, A. Syamsuddin (Alm.), Ibu: Hj. A. Nadjemiah

 

Pendidikan: TK Raodatul At-Fal Depag Maros (Tahun, 1981 s/d 1983), SD Negeri 1 Maros (1983 s/d 1989), SMP Negeri 2 Maros (1989 s/d 1992), SMA Negeri 1 Maros (1992 s/d 1995), Universitas Hasanuddin (1995 s/d 2001)

 

Pengalaman di Partai: Pengurus DPD PAN MAROS (1999 - 2004), Ketua BM (Barisan Muda) PAN Kab. Maros (2007 - 2012), Pengurus DPW BM PAN Sulsel (2007 - 2012), Sekretaris DPD PAN Maros Periode (2005 - Sekarang).

 

Jurnalis: Rauf

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com