,
26 Oktober 2018 | dibaca: 470 pembaca
Capaian ORDE BARU Buat Dunia Tercengang

Pakar Ekonomi Pembangunan &Trading, HASTORUAN

Jakarta, skornews.com

 

Pertumbuhan ekonomi diatas 7%, program Keluarga Berencana, Transmigrasi, stabilitas politik, pemberantasan buta huruf, program kesehatan,, swasembada pangan, produksi minyak di atas 1,4 juta barel per hari. Semuanya mencengangkan dunia karena dapat dicapai dalam waktu singkat dari titik nol. 

 

Pakar Ekonomi Pembangunan & Trading, Hastoruan ketika diwawancara skornews, (26/10) mengatakan, saat ini rasanya mustahil dicapai. Mengapa mustahil, apakah karena SDM lemah ataukah daya dukung Ibu Pertiwi sudah mulai mengendor karena sepertinya sulit sekali memperbaiki kondisi ekonomi.

 

Hastoruan mengaku pernah kagum pada ekonom-ekonom lama yang berkiprah saat itu namun kembali sadar bahwa sampai saat ini pun mereka masih banyak yang berkiprah setidaknya melalui perpanjangan tangan murid-muridnya.

 

"Melalui pemikiran panjang, saya menyimpulkan bahwa mereka tidak sehebat yang dibayangkan, melainkan faktor keberuntungan oil boom," tutur Hastoruan.

 

Dengan uang yang berlimpah apapun bisa dibangun, bahkan mimpi pun bisa dicapai, program apapun bisa direalisasikan. Saat ini, sumber uang negara tidak ada. Lantas mau membangun pakai apa, semua hanya menjadi mimpi dan jadi angan-angan belaka.

 

"Terpenting dalam pembangunan adalah uang. Sampai saat ini, Negara masih menggunakan "mesin lama" untuk mencari uang. Pasti tidak bisa. Mesin pencari uang harus diganti dengan yang baru, yang lebih tangguh, lebih cepat dan lebih irit. Ekonomi Jalan Baru merupakan mesin uang yang belum tertandingi," tutur Hastoruan.

 

Hastoruan menegaskan bahwa Keberhasilan pembangunan yang dicapai di masa Orde Baru sungguh sangat luar biasa dan mengagumkan dunia. ||Awi

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com