,
23 Juli 2019 | dibaca: 220 pembaca
Capai SDGs, Pemerintah Akan Integrasikan Sejumlah Agenda Nasional

New York, Skornews

 

Indonesia telah melakukan beberapa langkah mengatasi tantangan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs).

 

Pertama, senantiasa mengintegrasikan target-target SDGs kedalam rencana pembangunan nasional dengan mengembangkan indikator yang hilang

 

Kedua, Indonesia saat ini sedang mengembangkan kebijakan Satu Data Nasional dan menunjuk Badan Pusat Statistik untuk menjadi koordinatordan pusat sistem Satu Data tersebut.

 

Ketiga, membuat Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sebagai alat penilaian pembangunan untuk memastikan keselarasan SDGs dengan agenda daerah

 

Hal tersebut disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro dalam acara Translating the 2030 Agenda into National Sustainable Development Realities: Regional Perspectives, dalam rangkaian the United Nations High-Level Political Forum (HLPF) 2019, di New York, (17/7) lalu.

 

 

Tiga upaya diatas dilakukan pemerintah Indonesia untuk menjawab beberapa tantangan masih ada beberapa target SDGs yang belum terintegrasi dengan agenda nasional, ketersediaan data dan informasi yang memadai, terkini dan terpilah sebagai dasar untuk perencanaan pembangunan yang inklusif serta menyelaraskan agenda nasional dengan agenda daerah.

 

Dalam tiga tahun penerapan SDGs, Pemerintah Indonesia menyadari implementasi SDGs hanya dapat dicapai apabila bekerjasama dengan semua pemangku kepentingan, antara lain pemerintah, parlemen, sektor swasta, filantropi, OMS, universitas, pakar, media dan BPK untuk memantau implementasi SDGs.

 

Selain itu, Indonesia juga sedang mengembangkan pedoman untuk kemitraan multi-stakeholders bersama dengan aktor non-negara juga aktif terlibat dalam pencapaian SDGs dan memasukkan SDGs kedalam agenda pembangunan nasional. Saat ini, dalam proses mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, dimana target dan indikator SDGS akan terintegrasikan kedalam dokumen perencanaan.

 

Implementasi SDGs di Indonesia telah diatur oleh Keputusan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 dan selanjutnya SDGs diterjemahkan ke tingkatan daerah melalui Rencana Aksi Nasional (RAN) dan Rencana Aksi Daerah (RAD).

 

“Saat ini, 21 dari 34 provinsi telah menyelesaikan RAD dan kami sedang menyelesaikan Peta Jalan SDGs sebagai panduan untuk upaya berkelanjutan guna mencapai SDGs hingga 2030. Kami juga telah membentuk Tim Koordinasi Nasional untuk mengimplementasikan SDGs di bawah pengawasan Kementerian PPN/Bappenas,” terang Menteri Bambang dalam keterangan pers Biro Humas yang diterima skornews. ||ratis

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com