,
12 September 2015 | dibaca: 754 pembaca
BPBD Bitung Lambat Antisipasi Kekeringan
Muzakir Boven: Lembeh "Siaga 1" Kekeringan!

Kecamatan Lembeh Selatan dan Lembeh Utara, di Pulau Lembeh alami kekeringan.

SKORnews.com, Bitung

MUSIM kemarau berkepanjangan kali ini, berimbas terhadap berkurangnya debit air di beberapa wilayah di tanah air. Salah satu daerah yang mulai terancam kekeringan dan kekurangan air bersih adalah Kota Bitung, tepatnya di dua Kecamatan yang ada di Pulau Lembeh.

 

Menurut Ketua LSM Lembeh Bersatu, Muzakir Boven saat berbincang dengan wartawan skornews,Kamis (10/09/2015), pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) seharusnya sudah mengambil langkah nyata mengantisipasi persoalan ini.

 

"BPBD harusnya sudah menetapkan ‘Siaga 1’ bencana kekeringan di Lembeh Selatan dan Lembeh Utara. Karena 2 Kecamatan tersebut saat ini mulai merasakan dampak dari kemarau berkepanjangan," jelas Boven.

 

Boven juga menegaskan, agar Pemerintah Kota Bitung jangan sengaja mengulur-ulur waktu dan memberi peluang kepada para calon Walikota yang akan berlaga pada Pilkada serentak, 9 Desember 2015 mendatang, untuk menjadikan persoalan ini sebagai alat atau komoditas politik.

 

"Jangan sampai pemerintah tidak mengambil langkah konkrit mengatasi persoalan ini, sudah berapa Kelurahan di Lembeh Selatan yang tidak bisa mendapatkan air bersih dan jangan pemerintah Kota Bitung memberi ruang kepada para calon Walikota untuk kembali membodohi masyarakat Lembeh dengan iming-iming membantu kebutuhan air bersih warga. Padahal, itu hanya dijadikan komoditas politik," jelas Polo, sapaan akrab aktivis asal Pulau Lembeh ini.

 

Sampai berita ini di publish, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan terkait persoalan yang menimpa dua Kecamatan yang ada di Pulau Lembeh tersebut. @ Arham Licin/S10

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com