,
26 April 2017 | dibaca: 792 pembaca
Botolempangang Layak Jadi Desa Percontohan

Kepala Desa Botolempangang, Abdul Asis bersama sejumlah tokoh masyarakat

Maros-Sulsel, skornews.com

 

Desa Botolempangang Kec. Bontoa Memiliki Luas wilayah 12.42 km2 yang terdiri dari 5 Dusun yaitu Dusun Lempangan, Ujung Bulu, Mangemba, Tangaparang dan Tamangesang dengan jumlah penduduk 3584 jiwa yang berprofesi sebagai petani, buruh, PNS dan Karyawan Swasta.

 

Botolempangang berpotensi jadi Desa percontohan dan layak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak khususnya Pemerintah Kab. Maros karena desanya yang maju, bersih, nyaman, pembangunan merata dan masyarakatnya yang sejahtera dan terdidik.

 

Kepala Desa Botolempangang, Abdul Asis kepada skornews, (26/4) mengatakan, dalam memajukan desa tentu harus didukung masyarakat, stakeholder dan semua pihak.

 

Sebagai upaya memajukan perekonomian masyarakat, pembangunan infrastruktur jalan penghubung antar dusun mendapat perhatian lebih agar memudahkan warga memasarkan hasil produksi pertaniannya.

 

Asis mengakui masih terdapat 1 jalur akses jalan yang terletak diperbatasan daerah Tonasa 1 Kab. Pangkep dengan Dusun Tangaparang yang belum disentuh program betonisasi atau peningkatan jalan tapi Pemerintah Desa komitmen untuk terus berbuat demi kepentingan masyarakat.

 

Pemerintah desa bertekad akan menyediakan sarana olah raga bagi masyarakat agar tecipta masyarakat yang sehat jiwa dan raga. Saat ini, masyarakat yang berolahraga masih memanfaatkan lahan-lahan terbuka untuk sekedar meregangkan otot dan mengeluarkan keringat.

 

Asis mengklaim sudah sukses membentuk dan menjalankan BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) sebagai sarana pembangunan usaha, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan PAD, walaupun belum dikucurkan dana untuk peningkatan usaha tetapi pengurus BUMDES saat ini sementara menjalankan usaha melayani kebutuhan air bersih untuk warga dengan mendistribusikannya menggunakan mobil tangki.

 

Pemerintah Desa juga telah menunjukkan sikap dukungan terhadap regenerasi pemuda agar pemuda sebagai pelanjut kepemimpinan dimasa yang akan datang, maka dalam rangka pelibatan peran dan fungsi kaum muda, telah dibentuk Pemuda Karang Taruna Desa dan eksistensinya telah banyak menbantu pemerintah desa dalam hal penggalian potensi desa khususnya menjadi lembaga kemitraan dan pengawasan terhadap pembangunan di desa.

 

Pemimpin yang baik dan sukses adalah pemimpin yang terbuka dikritik dan welcome terhadap saran-saran dari masyarakat, pola itulah yang selama ini dibangun dalam menjalankan pemerintahan menurut Asis, agar desa botolempangang dapat maju dan bangkit terus maka Asis berharap setiap warga dapat berpartisipasi aktif terus dalam membangun desa, jika pernah salah selama ini dalam memimpin maka mohon dimaafkan, terang Asis. ||Rauf

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com