,
23 November 2014 | dibaca: 1172 pembaca
BNN Gandeng Kemenhub & TNI AL Atasi Peredaran Jalur Laut
Kepala BNN : “Jalur Laut Tak Seketat Di Bandara”

Ilustrasi Pecandu Narkoba

skornwes.com, Jakarta

Guna menekan jumlah pecandu yang terus meningkat, dan maraknya peredaran Narkotika lintas laut Indonesia, BNN kembali menggerebek sebuah rumah elite yang dijadikan gudang sabu di Pluit Karang Elok Blok I Barat V No 27, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

 

Dalam penggerebekannya tersebut, Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan sabu seberat 157 kg dan menangkap dua pria dan seorang wanita berkewarganegaraan China yaitu Xiao Jin Zeng (43), Chen Wei Biao (44) dan Li Lin Fei (32), Pada Sabtu, (22/11/2014) kemarin.

 

Dari data yang dimiliki BNN, pengguna narkoba di Indonesia terus meningkat hingga 4,2 juta jiwa, oleh sebab itu Indonesia menjadi salah satu sasaran para pengedar narkoba yang didistribusikan dari luar negeri.

 

"Tiga tersangka warga Tiongkok enggak bisa bahasa Indonesia, sudah satu bulan mereka di sini dan sewa rumah tiga minggu yang lalu, ini sindikat narkoba dari Tiongkok yang ingin bekerja di Indonesia," kata Kepala BNN, Komjen Anang Iskandar di Gedung SMESCO UKM, Pancoran, Jakarta, Minggu (23/11/2014).

 

Menurut Anang, para tersangka merupakan jaringan baru dalam kancah bisnis sabu di Indonesia dan rencananya barang haram tersebut akan dijual di beberapa kota di Indonesia oleh pelaku.

 

Sebelumnya, lanjut Anang, penangkapan tersangka berawal dari informasi masyarakat, bahwa akan ada pengiriman sabu dalam jumlah besar dari China melalui jalur laut. Mendengar laporan tersebut, petugas intelijen kemudian menuju lokasi untuk melakukan pengintaian, sehingga berhasil mengamankan barang haram tersebut.

"Paket dikamuflasekan dengan mainan anak-anak dan makanan manisan sehingga lolos dari pemeriksaan petugas," ungkap Anang di lokasi pada Sabtu (22/11/2014) petang.

 

Kembali Anang mengatakan, jalur laut dipilih oleh sindikat narkoba karena wilayahnya sangat luas. Apalagi, kata dia, pengawasan distribusi barang melalui jalur laut tidak seketat di bandara. Sebelumnya juga pada kasus Pluit, BNN pernah menangkap sindikat narkoba yang menggunakan kapal laut sebagai alat distribusi di Sumatera Utara.

 

Untuk mengantisipasi pola baru ini BNN akan menggandeng Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. "Kami juga akan bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk memperketat pengamanan di perairan Indonesia," ujar Anang.

 

"Laut akan jadi perhatian kita ke depan, karena pelabuhan bisa dijadikan pengiriman barang. Kita kerjasama Menhub dan AL, kita punya kerjasama dengan AL," tutup Jenderal Bintang tiga ini. (Alfi)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com