,
26 Desember 2014 | dibaca: 5252 pembaca
BNI SKC/SKM Manipulasi Pemberian Kredit

Skornews.com, Bandung-Jabar

Pemberian fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada Bank BNI (Persero) Tbk. diduga banyak terjadi manipulasi dan konspirasi antara pihak Debitur dan oknum pejabat BNI SKC/SKM Bandung.

 

Sejumlah kredit macet disebabkan karena adanya manipulasi persyaratan yang memudahkan para debitur “nakal” memperoleh fasilitas kredit hasil kerjasama dengan oknum pejabat “nakal” Bank BNI yang menyebabkan kerugian Negara dan Perusahaan.

 

Sebagaimana pemberitaan SKOR edisi sebelumnya, pada periode tahun 2008-2011 terdapat Tujuh proyek PT NPP yang memperoleh fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK-transaksional) dari Sentra Kredit Menengah (SKM) Bank BNI Cabang Bandung sebesar Rp 82,7 Miliar namun ternyata proyek-proyek tersebut adalah pekerjaan Perusahaan lain, berarti Surat Perintah Kerja (SPK) sebagai salah satu syarat yang harus dilampirkan calon debitur untuk memperoleh fasilitas kredit tidak dilampirkan.

 

Demikian pula pemberian fasilitas KUR pada 50 kelompok peternak sapi oleh BNI SKC Bandung Sebesar Rp 25 Miliar yang dilakukan secara langsung. Diduga anggota kelompok penerima kredit itu “fiktif” dan sengaja dimanipulasi untuk mendapatkan fasilitas kredit dan oknum pejabat BNI pengelola kredit sengaja tidak menganalisa persyaratan pemberian kredit dan penggunaannya.

 

Bahwa atas fasilitas KUR untuk 50 debitur “Fiktif” itu mendapatkan penjaminan yang dibayarkan Pemerintah karena BNI SKC Bandung telah mengajukan IJP kepada PT Jamkrindo (Persero) dengan total pembayaran sebesar Rp 1.9 Miliar.

 

Hal tersebut jelas bertentangan dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 189/PMK.05/2010 tanggal 2 November 2010 tentang fasilitas penjaminan KUR Pasal 5 yang menyatakan bahwa UMKM-K yang dapat menerima fasilitas penjaminan KUR adalah usaha barang dan jasa produktif yang feasible namun belum bankable sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 ayat (1) dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut (a) Merupakan calon debitur yang tidak sedang menerima KMK dan/atau investasi dari perbankan dan/atau yang tidak sedang menerima kredit program dari pemerintah yang dibuktikan dengan hasil Sistem Informasi Debitur pada saat permohonan KUR diajukan. @Dani/Rd.01

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com