,
17 Oktober 2017 | dibaca: 512 pembaca
Bersama Pemerintah, Mari Bergandengan “Kite Bangun Jakarte”

Dari kiri: Taufiq Rahman (Ketua Umum IPJI ), Bahrullah Akbar (Wakil Ketua BPK RI ), Marlon Brando (Bendum IPJI)

Jakarta, skornews.com

 

Bahrullah Akbar adalah “Anak” Betawi asli Sawah Besar, Jakarta Pusat. Sederet gelar akademik telah Ia raih hingga bergelar Profesor dan dinobatkan menjadi Guru Besar di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kementerian Dalam Negeri.

 

Doktor Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran ini, kini mengemban amanah sebagai auditor dan Wakil Ketua BPK RI.

 

 

Prof. Dr. Bahrullah Akbar memulai karirnya sebagai auditor sejak Tahun 1995 Lalu namun pada Tahun 2003-2007 ditugaskan sebagai Staf Khusus Ditjen Keuangan Daerah dan Setjen Departemen Dalam Negeri (kini, Kemendagri).

 

Pada Tahun 2011, Bahrullah Akbar kembali mengabdi di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setelah lolos uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR RI.

 

Namanya makin dikenal setelah permohonan uji materinya terkait masa jabatan Angota BPK (Pengganti Antar Waktu) dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK) yang saat itu diketuai Hamdan Soelva.

 

UU No.10 Tahun 2006  Pasal 22 ayat (1) dan (4) “digugat” Bahrullah Akbar untuk dibatalkan karena dinilai diskriminatif dan bertentangan dengan pasal 5 ayat 1 UU BPK yang menyebutkan masa jabatan anggota BPK selama 5 Tahun dan dapat dipilih kembali untuk 1 kali masa jabatan.

 

UU tentang Badan Pemeriksa Keuangan pada pasal 22 (ayat 1 dan 4) itu menyebutkan bahwa penggantian antar waktu (anggota BPK) menyatakan hanya melanjutkan sisa masa jabatan anggota BPK yang digantikan.

 

Hakim MK berpendapat bahwa tidak adil jika masa jabatan anggota BPK pengganti antar waktu berbeda dengan anggota BPK lainnya karena keduanya memerlukan waktu yang sama, pikiran, tenaga dan biaya yang ditanggung negara maupun calon anggota seperti proses seleksi yang dijalani.

 

Selain sebagai pengajar dan auditor, Bahrullah Akbar juga sering diundang menjadi pembicara dalam berbagai seminar. Jebolan Post Gradute in Public Sector Management, University of Leicester Inggris Tahun 2000 ini juga telah menyabet sederet penghargaan, diantaranya Wing Terjun Payung Brimob Polri, Wing Penyelam TNI AL dan POSSI, Satya Lencana Karya Satya X dan XX.

 

Dimintai tanggapan terkait organisasi pemuda dan masyarakat. Menurutnya, organisasi harus berperan aktif dalam pembangunan Jakarta, “kite harus lebih intensif mendiskusikan rencana yang lebih strategis untuk meningkatkan peran kaum Betawi di Jakarta,” kata Bahrullah Akbar memberi semangat kepada “anak” Betawi yang komunitasnya mulai menjauh ke pinggiran kota. ||Yudi (smbr: L.Lubis/Skndl)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com