,
02 November 2018 | dibaca: 197 pembaca
Benih Jelek, Swasembada Pangan Cuma Mimpi

Gbr. Ilustrasi

Jakarta, skornews.com

 

Puluhan Miliar anggaran Direktorat Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian digelontorkan untuk pengadaan benih jagung hibrida di Prov. Lampung dan NTB Tahun, 2017.

 

Benih yang diserahkan kepada petani terdapat benih jagung berjamur, rendah mutu dan kualitas yang tidak dapat tumbuh dengan baik.

 

Informasi yang dihimpun skornews, beberapa petani mengembalikan benih jagung kepada perusahaan (penyedia benih) yang ditetapkan pihak Ditjen Tanaman pangan melalui Satker Dinas pertanian setempat karena benih yang terlanjur ditanam tidak dapat tumbuh dengan baik dan mati.

 

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman pada awal 2017 lalu menyampaikan telah berhasil melakukan swasembada pangan pada empat komoditas yakni padi, bawang, jagung dan cabai.

 

Menjelang akhir pemerintahan presiden Jokowi, "mimpi" (baca: keinginan/komitmen) Menteri Pertanian sejak awal pemerintahan untuk mewujudkan swasembada pangan hanya mimpi (baca: tidak terlaksana) bahkan sejumlah bahan pangan masih dilakukan impor, diantaranya beras, gula dan jagung untuk memenuhi kebutuhan konsumsi.

 

Hal itu diduga terjadi karena jajaran Kementerian Pertanian tidak melaksanakan dengan baik regulasi terkait program meningkatkan produksi hasil pertanian yang menghabiskan Milaran APBN.

 

Produksi sektor pertanian/perkebunan yang mampu menopang perekonomian indonesia sebagai penyumbang PDB bahkan mengalahkan sektor migas dan dilakukan ekspor adalah kelapa sawit. Hal itu disampaikan menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro pada acara IPOC di Nusa Dua, Bali (1/11/2018).

 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, (16/10). Pihak Ditjen Tanaman Pangan belum memberikan Tanggapan hingga berita ini ditulis. ||Awi

 

Bersambung...!

Nantikan hasil penelusuran selanjutnya

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com