,
02 Oktober 2017 | dibaca: 448 pembaca
Bawaslu - ORI Sepakat Jalin Kerjasama

Sulbar, skornews.com

 

Jajaran Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat didampingi Kepala Sekretariat melakukan kunjungan kerja di kantor Ombudsman RI Perwakilan Sulbar, Jumat (29/09/17).

 

Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo, SIP., M.Si. mengatakan, kunjungan ini adalah bagian dari silaturahmi kelembagaan sekaligus langkah awal dalam rangka menjalin sinergi dengan Ombudsman RI Sulbar dalam hal pengawasan, utamanya dalam hal pengawasan administrasi dan koordinasi dengan ombudsman.

 

”Alasannya, kedua lembaga ini mempunyai kesamaan yang mendasar yakni melakukan pengawasan,” tutur Sulfan.

 

Hal senada diutarakan Anggota Bawaslu Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Ansharullah,  Bawaslu tidak akan maksimal melakukan pengawasan tanpa melibatkan lembaga terkait seperti Ombudsman dan masyarakat itu sendiri dalam mengawal Pilkada maupun Pilpres.

 

 

sementara Anggota Bawaslu Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Supriadi Narno mengatakan bahwa sesungguhnya tugas Bawaslu sangatlah berat karena selain mengawasi setiap tahapan pemilihan dan melakukan pencegahan disetiap sektor yang dianggap rawan terhadap potensi kecurangan. Bawaslu juga harus cermat dalam mengelola administrasi sebab ada lembaga lain yang juga mengawasi Bawaslu pada sisi administrasi yakni Ombudsman,” jelasnya.

 

Menanggapi respon Komisioner Bawaslu yang akan menggandeng Ombudsman RI (ORI) Sulbar melakukan pengawasan terhadap kemungkinan adanya maladministrasi dan pengawasan dilapangan terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berhubungan dengan Pemilihan, Kepala Perwakilan ORI Sulbar, Lukman Umar menyatakan apresiasinya kepada Jajaran Bawaslu Sulbar.

 

 

“Kami sangat mengapresiasi upaya teman-teman dari Bawaslu dan kami (Ombudsman) siap menjalin sinergi dalam rangka mendorong terwujudnya pengawasan Pilkada, Pilpres yang berkualitas dan bebas maladministrasi,” tegas Lukman Umar. ||yudi

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com