,
17 Juli 2017 | dibaca: 532 pembaca
Bansos PSKS Boroskan APBN

Buku Pedoman Pelaksanaan Bansos PSKS

Jakarta, skornews.com

 

Penerima manfaat (Rumah Tangga Sasaran-RTS) Bantuan Sosial Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) Kementerian Sosial RI Tahun 2015 diduga memboroskan keuangan Negara.

 

Ribuan penerima bantuan yang disalurkan pemerintah berdasarkan hasil pendataan sejumlah LSM yang tidak memiliki kewenangan menentukan kriteria penerima bantuan sehingga diragukan objektifitas dan keakuratannya.

 

Penelusuran skornews lebih lanjut, PSKS yang disalurkan pada Bulan April, Mei dan Juni itu tanpa Petunjuk Teknis karena buku Pedoman Pelaksanaan baru dicetak pada Bulan Desember 2015 sesuai waktu cetak buku Pedoman yang diberikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Tatang kepada skornews, (14/7/17). (baca berita)

 

Hal tersebut berbeda dengan keterangan PPK yang mengatakan sasaran PSKS merujuk pada data PPLS Tahun 2011 serta data yang diendors dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dibawah naungan Wakil Presiden.

 

Gelontoran Triliunan APBN itu dalam pelaksanaannya diduga melenceng dari sasaran Rumah Tangga dengan tingkat sosial ekonomi terendah sebagai konpensasi penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

 

Sementara tujuan PSKS adalah untuk membantu masyarakat miskin agar dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, mencegah penurunan taraf kesejahteraan akibat kesulitan ekonomi dan meningkatkan tanggungjawab sosial bersama.

 

Aktivis anti korupsi, Gatot Marman saat ditemui skornews mengatakan, “Jika PSKS dilaksanakan Bulan April dan selesai di Bulan Juni, lalu untuk apa buku pedoman pelaksanaan PSKS itu dicetak di Bulan Desember, hanya menghabiskan Ratusan Juta uang Negara saja,” katanya menjelang aksi demo di Kemendes PDTT, BPK RI serta Mabes Polri guna mendesak penanganan dugaan korupsi ADD Pulo Panjang, (17/7).

 

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, pihak Kementerian Sosial belum memberikan tanggapan hingga berita ini ditulis. ||Prayudi

 

Bersambung...!

Nantikan Berita selanjutnya "Bansos Kemensos Untuk SIAPA?"

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com