,
02 Maret 2018 | dibaca: 323 pembaca
Bahrullah Akbar: Fungsi Pers dan BPK Sama

Dari kiri: Ketum IPJI Taufiq Rahman, Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar dan Sekjen IMO Nasir Umar

Jakarta, skornews.com

 

Jika dilihat dari fungsinya, Pers dan BPK punya peran yang sama meski dalam ranah yang berbeda tapi jangkauan Pers lebih luas termasuk juga mengawasi penggunaan anggaran dan mengawasi BPK.

 

"Fungsi kontrol yang dimiliki pers sangat luas sedangkan BPK terbatas pada lingkup pengawasan penggunaan anggaran," kata Wakil Ketua BPK, DR. Bahrullah Akbar saat menerima kunjungan Ketua Umum Ikatan Penulis dan  Jurnalis Taufiq Rachman dan Sekjen IMO Nasir Umar, (1/3/18).

 

Bahrullah menggambarkan bagaimana teknologi iInformasi saat ini merasuk ke berbagai bidang khususnya bisnis berbasis aplikasi. transfortasi online sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

 

“Teknologi Informasi sesuatu yang tidak bisa ditolak, termasuk maraknya media online yang durasinya tidak dibatasi ruang dan waktu, kapan dan dimanapun kita selalu bisa mengaksesnya," tutur Bahrullah.

 

Kadang informasi dari Pers bisa menjadi petunjuk awal dugaan terjadinya penyalagunaan anggaran atau sebaliknya BPK memberikan pencerahan kepada wartawan terkait anggaran, pengawasan dan audit.

 

Wakil Ketua BPK, Bahrullah Akbar berjanji akan memfasilitasi jurnalis dari IPJI dan IMO untuk memahami bagaimana penggunaan anggaran dan realisasinya sehingga dapat melakukan pengawasan yang lebih ketat, "nanti kita buat seminar agar Jurnalis lebih memahami fungi dan peran BPK," kata Bahrullah. ||awi (lianIPJI)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com