,
19 Januari 2017 | dibaca: 629 pembaca
Babinsa Bersama Warga Buka Lahan Pertanian

Pembersihan dan penyiapan lahan dilakukan Anggota Koramil 1704-05/Ayamaru bersama masyarakat setempat

Maybrat-Papua Barat, skornews.com

 

Komando Rayon Militer 1704-05/Ayamaru bersama masyarakat melaksanakan proses kegiatan buka lahan sawah baru bertempat di Kampung Ismi Distrik Ayamaru Tengah Kabupaten Maybrat (18/01). Dalam kegiatan tersebut 8 (delapan) orang Babinsa yang dipimpin oleh Danposramil Aitinyo Letda Inf Yohanis Wonam bersama masyarakat Kampung Ismi dan Kadistan Kabupaten Maybrat Philipus Howay secara bergotong royong melaksanakan proses pembajakan lahan sawah baru seluas 1 Hektar. Dalam  kesempatan tersebut Danramil 1704-05/Ayamaru Mayor Inf Andreas Pailo mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menunjang program swasembada pangan nasional.

 

"Kegiatan yang dilaksanakan bersama masyarakat ini adalah bertujuan guna mewujudkan program swasembada pangan Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah sekaligus sebagai serbuan teritorial program ketahanan pangan di wilayah Kodim 1704/Sorong sesuai perintah dan arahan Dandim 1704/Sorong Letkol Inf Daniel E.S Lalawi ," ungkap Danramil. Menurutnya, Selama ini ternyata para kelompok tani belum ada yang dapat mengoperasionalkan Hand Traktor, karena belum pernah ada sosialisasi yang diberikan oleh Distan maupun pihak terkait tentang cara pengoperasionalanya.

 

Pembersihan dan penyiapan lahan yang dilakukan anggota Koramil 1704-05/Ayamaru bersama masyarakat setempat ini, diharapkan nanti mampu membantu masyarakat Kampung Ismi saat ditanami padi, "Dengan harapan, hal itu bisa untuk membantu hidup masyarakat agar lebih sejahtera mengingat hingga saat ini Kampung Ismi belum memiliki lahan pertanian yang menghasilkan Beras, hingga kini masyarakat bercocok tanam hanya dengan menanam tanam-tanaman contohnya betatas, ubi, dan lain sebagainya. Dengan ditanaminya padi diharapkan masyarakat akan mampu menjual komoditas pertanian dengan nilai ekonomis yang lebih baik," ujarnya.

 

Mayor Inf Andreas Pailo juga menyampaikan bahwa kegiatan serbuan teritorial itu ternyata mendapat sambutan yang positif dari Masyarakat, dengan dibantu Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa akan sangat membantu masyarakat Kampung Ismi, dikarenakan ada unsur kedekatan Babinsa dengan masyarakat kampung". Hal ini tentunya memudahkan didalam mentransfer pengetahuan dalam bidang pertanian kepada masyarakat," katanya. //Ynd (smbr:cyber kodim 1704 sorong)

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com