,
08 September 2015 | dibaca: 761 pembaca
Awas...PPNS Ketenagalistrikan Masuk Angin
Wira Paper Curi Listrik

Skornews.com, Jakarta

PT Wira Paper masih bisa bernapas lega, pasalnya hingga saat ini penanganan kasus dugaan pencurian listrik yang dilakukan PT Wira Paper masih berada diwilayah abu abu alias belum jelas juntrungannya.  

 

Padahal Pencurian listrik itu diungkap pihak PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang pada akhir 2014, bahkan telah diberikan sanksi tagihan susulan dan denda sebesar Rp. 167 miliar, namun hingga kini PT Wira Paper belum membayar tagihan susulan dan denda yang ditagihkan itu.

 

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai penyidik khusus terkait pencurian listrik juga belum memperlihatkan tajinya.

 

Ketua PPNS Ketenagalistrikan, Gisman Hutagalun mengakui kasus PT Wira Paper sedang ditangani pihaknya, namun hingga saat ini masih dalam penyelidikan.

 

“Ya itu kita tangani, saat ini masih dalam tahap penyelidikan” Ujar Gisman kepada Skor, Kamis, (3/9).

 

Gisman menyebutkan pihaknya telah memanggil PT Wira Paper, namun karena masih dalam tahap penyelidikan, ia mengaku belum bisa memberikan informasi terkait hasil penanganan yang dilakukan PPNS Ketenagalistrikan.

 

“Kita sudah panggil, tapi karena ini masih dalam tahap penyelidikan belum bisa kita infokan hasilnya” kilah Gisman.

 

Langkah PLN melimpahkan kasus itu ke Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta juga belum membuahkan hasil, justru terkesan berbelit-belit karena pihak pengacara Negara lebih memilih untuk menempuh upaya mediasi.

 

Asisten Perdata dan tata usaha Negara Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Yudi Handono, SH, MH menyebutkan pihaknya masih mengusahakan jalan mediasi antara PLN dengan PT Wira Paper dan belum melakukan gugatan perdata.

 

“Belum ada gugatan, Intinya kasus pln ini kita masih tunggu klarifikasi dari pihak Wira, tapi jangan dianggap kita tidak serius, nanti saya cek lagi, kalau tidak ada perkembangan, nanti akan kita bicarakan dengan pihak PLN apa langkah kita selanjutnya” Tegas Yudi kepada Skor beberapa waktu lalu.

 

Sebelumnya, Deputy Manager Efisiensi Penyaluran dan Mutu Listrik PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Joko Pramono kepada Skor mengungkapkan PLN telah memberikan sanksi kepada PT Wira Paper atas pencurian listrik yang dilakukan berupa tagihan susulan dan denda sebesar Rp. 167 miliar.

 

Namun PT Wira Paper dinilai tidak punya itikad baik untuk menyelesaikan kasus itu sehingga pihak PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang berinisiatif melimpahkan ke Jaksa Pengacara Negara yang berkantor di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. ARM 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com