,
03 November 2015 | dibaca: 1308 pembaca
Atasi Kerugian, Manajemen Gojek Turunkan Tarif

info yang dikirim ke pada driver go-jek

Skor, Jakarta.

 Manajemen GoJek mengurangi nilai tarif GoJek untuk para pengemudi. Jika biasanya Rp 4.000 per kilometer, kini para pengemudi hanya akan menerima Rp 3.000 setiap kilometernya. Tarif baru itu diberlakukan Senin (2/11).

 

Pemberlakukan tarif baru itu dikeluhkan para pengemudi gojek, dan mengancam akan melakukan aksi mogok massal. Mereka kecewa karena tarif baru itu diberlakukan secara sepihak oleh manajemen gojek.

 

"Aksi ini kami lakukan spontan karena tarif yang dibayar perusahaan diturunkan sepihak," ujar Irfan, 27 tahun, pengendara Go-Jek yang melakukan aksi di Sekitar Senayan, Senin, 2 November 2015.

Menurut Irfan, manajemen secara sepihak menurunkan tarif dari Rp 4.000 menjadi Rp 3.000 per kilometer. Pemberlakuan ini dilakukan mendadak sejak Senin dinihari tanpa melakukan sosialisasi kepada sopir Gojek.

 

Dari informasi yang diterima Skor, kebijakan manajemen Gojek itu dilakukan untuk mengurangi kerugian yang selama ini dialami pihak manajemen.

 

Andi, seorang pengemudi gojek yang sehari hari beroperasi di sekitar cawang, mengaku mendapatkan penyampaian dari manajemen gojek bahwa kebijakan penurunan tarif itu dilakukan untuk menutupi kerugian akibat banyaknya biaya promosi yang dikeluarkan pihak manajenem.

 

Dalam penyampaian itu, manajemen gojek juga mengancam akan memutus hubungan kerja bagi driver yang terlibat aksi mogok atau yang memprovokasi untuk melakukan mogok dan sweeping.

 

“Katanya rugi terus, jadi tarifnya diturunkan, itu penyampaian dari kantor” Ungkap Andi Kepada Skor, Selasa (3/11) yang mengaku menerima penyampaian pada Senin (2/11).

 

Andi kemudian memperlihatkan layar telpon genggamnya yang berisi informasi dari manajemen gojek yang berisi seperti dibawah ini :

 

Kepada Rekan2 Driver, Mari kita berpikir bijak. Kami dari management Gojek telah mendapatkan info atas masukan dari berbagai sumber bahwa akan diadakan aksi Demo/Mogok Massal/Sweeping yang diprakarsai oleh beberapa provokator. Management sangat menyayangkan hal tersebut. Sejak sebelum bulan agustus Management telah mengeluarkan dana untuk promosi agar jumlah order yg didapat driver meningkat. Sejak saat itu sampai saat ini Management tetap beroperasi dengan merugi demi kesejahteraan rekan2 Driver. Kebijakan ini dilakukan untuk mengurangi sedikit kerugian demi tetap menjamin kesejahteraan rekan2 dan keluarga. Oleh karena itu kami mengambil keputusan bahwa setiap driver yang berpartisipasi atau yang memprovokasi Demo/Sweeping akan diputus kemitraannya, karena tidak memiliki kepedulian terhadap kesinambungan perusahaan. MARI bekerja dengan bijak, bersama MEMBANGUN MEMBANGUN GOJEK KEARAH YANG LEBIH BAIK.

 

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com