,
28 Mei 2015 | dibaca: 1337 pembaca
Aroma Korupsi Proyek Jembatan Layang Jakabaring

Palembang, skornews.com

 

Proyek pembangunan jembatan layang simpang empat Jakabaring, Palembang yang menelan dana puluhan miliar rupiah menuai sorotan warga, diduga banyak penyimpangan anggaran yang menyebabkan kerugian negara serta proyek tidak sesuai bestek.

 

Dugaan itu semakin diperkuat, akibat ulah sejumlah oknum yang terkesan tidak transparan dalam memberikan informasi terkait proyek yang dikerjakan PT Wijaya Karya dengan anggaran Rp 92 miliar lebih dari APBD Provinsi Sumatera Selatan tahun anggaran 2014 dan 2015.

 

Kepala Proyek, Joko Saputra yang dikonfirmasi Skor beberapa waktu lalu menolak berkomentar.

 

“Langsung saja tanyakan pada Kepala Dinas, di Jakarta sana,” katanya.

 

Rupanya, Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel Rizal Abdullah saat itu sedang tugas ke Jakarta.

 

Tidak puas dengan jawaban itu, Skor berusaha menemui PLT PU. Bina Marga,  Rinhardi ST ke tempat kerjanya, namun petugas jaga yang mengetahui maksud kedatangan Skor, tidak memberikan izin kepada Skor untuk menemui pimpinannya.

 

“Bapak tidak mau ketemu. Bapak banyak urusan,” ujar petugas jaga kepada Skor.

 

Selain dugaan penyalahgunaan anggaran, para pengguna jalan yang setiap hari melintas di kawasan itu juga mengeluhkan kemacetan arus lalu lintas akibat pembangunan jembatan layang itu. 

 

Andi, salah satu pengguna jalan yang ditemui di lokasi menyampaikan kekesalannya atas belum selesainya proyek jembatan layang itu.

 

“Jangan-jangan anggapan masyarakat yang menduga adanya ketidakberesan atau penyimpangan dalam pelaksanaan proyek jembatan layang simpang Jakabaring, memang benar adanya,” katanya.

 

Bahkan Andi berpendapat, jika memang benar dugaan adanya penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran dalam proyek tersebut, hal itu bisa terjadi akibat ketidakpedulian instansi-instansi berwenang yang akhirnya dimanfaatkan oleh oknum tertentu, untuk memperkaya diri atau kelompoknya.

 

“Aku terlambat terus begawe dikarnoke melewati proyek yang dak jelas kapan selesainyo.” Ujar Andi. Pebri

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com