,
29 Agustus 2017 | dibaca: 247 pembaca
Anggaran Untuk Partai Politik

Mappajarungi Manan (Wartawan Senior Era Tahun 1980-an)

Penulis: Mappajarungi Manan (Wartawan senior, Tahun 1980-an)

 

Kita memang tidak bisa menafikan bahwa partai politik itu perlu dan penting keberadaannya dalam melengkapi negara demokrasi.

 

Setiap negara, baik negara miskin maupun negara tukang utang apalagi pemberi utang, partai politik itu ada. Tugasnya, membentuk dasar-dasar sistem demokrasi.

 

Nah, saya tuh gregetan jika kita sudah “miskin” mau ikut ikutan sistem negara kaya. Ibarat kita nih sudah miskin, norak mau ikut ikutan orang kaya belanja di mall, makan di resto atau nongkrong di café. Ya “blunder” jadinya.

 

Maksudnya begini. Jerman itu negara kaya, negara makmur. Nah wajar jika negara itu memberi bantuan kepada partai politiknya.

 

Keuangan mereka terukur, utang gak ada. Sangat wajar jika mengalirkan dana buat partai politik mereka.

 

Lagian sistem audit keuangan betul-betul transfaran dan lagian juga di Jerman setiap partai memiliki yayasan yang bersentuhan langsung dengan rakyat.

 

Nah. negara Indonesia tercinta ini?. Okelah itu dana bantuan buat partai sejak dulu ada, mbok ya jangan ditambah lagi dan kalau perlu ditiadakan saja. Lebih baik itu uang buat petani yang terus dibantu agar tidak lagi inport kebutuhan pokok dan orang miskin tidak beratambah terus jumlahnya.

 

Nilainya tak seberapa “menurutmu” !?.. Ampun dah, miliaran itu,  bagi petani buanyaknya minta ampun.

 

Tidak terpikir mengurangi bantuan untuk partai, apa ini karena mereka punya suara banyak, jadi ya mau ambil duit seenaknya?. serius nanya!, salam.

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com