,
21 Desember 2015 | dibaca: 2034 pembaca
Alfamidi Terapkan Kerja Paksa

Farli, Mantan Karyawan Perusahaan Minimarket Alfamidi, Makassar Sulawesi Selatan

MAKASSAR, Skornews.com

Perusahaan minimarket 24 jam yang mempunyai gerai Alfamidi memperlakukan karyawannya secara sewenang wenang tanpa memperhatikan hak sebagai karyawan sebagaimana telah diatur dalam undang undang ketenagakerjaan.

 

Seorang mantan karyawan Alfamidi, Farli beberapa waktu lalu kepada Media Investigasi Solusi mengungkapkan kekecewaannya akibat perusahaan yang ia tempati bekerja tidak memberikan hak kepada buruh untuk berserikat.

 

Padahal, menurut Farli hak berserikat itu harus diberikan oleh pihak perusahaan kepada para pekerja untuk melaksanakan aktifitas serikat pekerja atau serikat buruh selama jam kerja yang disetujui oleh kedua pihak dan atau diatur di dalam perjanjian kerja bersama sebagaimana diatur pada Pasal 29 UU No.21/2000.

 

Farli yang mengaku bekerja di Alfamidi Jalan Kima No.8 Makassar Sulawesi Selatan itu, memutuskan keluar dari perusahaan pada Februari 2015 karena merasa ditindas perusahaan.

 

“Saya keluar dari perusahaan itu karena perusahaan seenaknya mempekerjakan buruh secara paksa dan terkesan menindas yang dikenal. Perusahaan seenaknya memaksa karyawan untuk kerja lembur tanpa ada  transparansi upah dari setiap jam lembur yang dilaksanakan oleh karyawan” Ungkap Farli, Sabtu 19/12/15.

 

Selain itu, Alfamidi juga dituding tidak profesional dalam memperlakukan karyawan, akibat tidak jelasnya pembagian kerja yang diberikan pihak perusahaan.

 

“Saya yang ditempatkan dibagian packing namun dalam aktivitas pekerjaan saya seringkali juga disuruh oleh koordinator untuk memusnahkan barang kadaluarsa dan membersihkan mobil padahal job kami sudah ditentukan masing masing” Ujar Farli mencontohkan.

 

Farli mengaku, perlakuan perusahaan Alfamidi yang terkesan memperlakukan karyawan dengan “kerja paksa” itu tidak hanya dikeluhkan dirinya tetapi hampir semua karyawan yang bekerja di perusahaan itu merasakan hal yang sama.

 

Hingga berita ini diterbitkan, Media Investigasi Solusi belum berhasil mengkonfirmasi pihak perusahaan Alfamidi.@achy

 

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com