,
29 Desember 2015 | dibaca: 905 pembaca
Alfamidi Bantah Telah Sewenang Wenang
Terkait Tudingan Kerja Paksa dan Larangan Karyawan Berserikat

Muh Andra Rahmat Saputra

MAKASSAR, Skornews.com

Tudingan mantan karyawan Alfamidi yang menyebutkan bekas perusahaanya itu telah melakukan kesewenang wenangan serta melarang karyawan untuk berserikat dan terlibat dalam perserikatan buruh dibantah pihak Alfamidi .

 

Pihak Alfamidi, Muh Andra Rahmat Saputra kepada Skornews mengakui perusahannya memang belum mempuyai organisasi buruh, namun bukan berarti Alfamidi tidak mengizinkan pembentukan serikat buruh.

 

“Tudingan itu tidak benar, bukan kami tidak mengizinkan melainkan belum ada waktu yang tepat untuk membahas hal itu bersama penanda tanganan dengan pihak perusahaan, saya pun sendiri orang yang pernah mau bentuk organisasi buruh itu” Ujarnya saat dikonfirmasi Skornews di kantornya, selasa (22/12).

 

Lagipula, menurut Rahmat ketika ada masalah di karyawan harusnya melapor dulu ke atasan seperti HRD, dan atasan-lah yang akan menyelesaikan persoalan itu dengan melakukan pemanggilan terhadap koordinator dan karyawan yang bermasalah dengan menempuh jalur mediasi.

 

Selain itu, Rahmat juga membantah tudingan adanya unsur pemaksaan kepada karyawan untuk menambah jam kerjanya alias lembur

 

“Bagi kami itu hanya kesalahpahaman karena di perusahaan ini ada aturan yang mengatur karyawan untuk lembur yaitu banyaknya barang, ada instruksi atasan dan karyawan bersedia” kilahnya.

 

Lebih lanjut, Rahmat menuturkan untuk jobnya karyawan sudah diatur, dan setiap karyawan punya job masing masing dan itu sesuai dengan arahan atasan. Bagi karyawan di bagian packing harus bekerja sesuai dengan insruksi atasan, karena bagian packing itu bekerja untuk mengatur dan mengambil barang dan karyawan pun bertanggung jawab atas kwalitas barang.

 

“Misalnya tidak bagus dia harus mengeluarkan barang tersebut karna barang itu tidak layak dan tidak bisa dijual karena sudah kadaluarsa sehingga barang tersebut harus dimusnahkan” tuturnya

 

Meski demikian, Rahmat mengaku untuk urusan gudang, dirinya tidak bisa mencampuri begitu dalam. Alasannya sudah ada empat orang koordinator yang menangani. Selain itu untuk mengklarifikasi hal hal yang terkait dengan perusahaan sudah ada yang ditugaskan khusus.

 

“Seandainya ada jadwal kita mungkin bisa jadwalkan untuk ketemu dan itu lebih enak wawancaranya, apalagi untuk minta klarifikasi ada memang khusus ditugaskan oleh perusahaan yaitu bapak Gunawan namun untuk saat ini bapak tidak sedang berada dikantor, agar lebih baik bapak bikin janji dulu untuk wawancara khusus” Pungkasnya. AA.045s

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com