,
09 Maret 2015 | dibaca: 1211 pembaca
Aktivis Kecam Perusahaan Semen dan Tambang Marmer

Konsolidasi Walhi Sulsel, OKP dan LSM Maros

MAROS, skornews.com

Walhi Sulawesi Selatan bersama OKP dan LSM mengecam perusahaan semen dan penambang marmer di Kab. Maros, Sulsel. Mereka prihatin melihat kondisi karst Kab. Maros yang semakin tergerus.

 

Pada hari minggu(08/03/15) Walhi melihat langsung kondisi gunung karst yang diobrak abrik oleh para penambang, Anggota bidang advokasi Walhi, Muh Amin menuturkan “kondisi karst maros sangat memprihatinkan, ikon wisata bantimurung sebagai ciri khas maros yang sudah terkenal hingga ke mancanegara tinggal menghitung waktu menunggu kehancuran dan kepunahannya”, tuturnya.



Hasil observasi walhi didiskusikan para OKP dan LSM di warkop 89, mereka sepakat membentuk aliansi pemuda pelindung karst Maros yang terdiri dari HIPMI Maros Raya, PMII Maros, LSM LIRA, GMNI dan Walhi Sulsel.

 

Bupati Lira, Abrar Rahman “karst maros harus dipertahankan dan dilindungi supaya situs purbakala leang-leang dan taman wisata bantimurung tidak menjadi dongeng bagi generasi selanjutnya, melainkan menjadi kebanggaan mereka sebagai masyarakat maros. Kondisi ini tidak boleh didiamkan, Pemerintah harus turun tangan untuk memberhentikan proses eksploitasi itu”, tegas Abrar



Hal senada diungkapakan Ketua Umum PB HIPMI Maros Raya, Abd. Aziz HT “aktivitas tambang di Maros adalah upaya yang dilakukan oleh para pengusaha dan penguasa dalam mencari keuntungan tanpa memikirkan kelestarian ekosistem alam, Pabrik semen dan tambang marmer tidak mungkin berani melakukan aktivitas penambangan tanpa ada tameng dari penguasa”, tutur Aziz.

 

Dilanjutkan, “olehnya itu kami dari aliansi pemuda pelindung karst akan meminta kepada Dinas Pertambangan dan Energi, data perusahaan tambang yang ada di Kab. Maros beserta kajian amdalnya dan surat izin usaha pertambangan PT CONCH SOUT SULAWESI MINE yang banyak menuai sorotan. AA-S.07

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com