,
10 April 2017 | dibaca: 647 pembaca
ADD Mattirotasi Rawan Disalahgunakan

gbr. ilustrasi

MAROS-Sulsel, skornews.com 

 

Kepala Desa Mattirotasi, Kec. Maros Baru, Syarifuddin dinilai tidak transparan dalam membelanjakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), sejumlah uang bantuan pembangunan desa yang nilainya mencapai Ratusan Juta Rupiah dari Pengelolaan desa, pembangunan dan Badan Usaha Milik Desa (BumDes), hal tersebut telah menjadi perbincangan hangat masyarakat di Desa Mattitotasi.

 

Aktivis LSM KIFFA Provinsi Sulawesi Selatan, Asdar yang juga warga Desa Mattirotasi saat dikonfirmasi Skornews (8/4) mengatakan, selama ini Kades Mattirotasi diduga melakukan banyak pelanggaran karena jarang melibatkan unsur pemuda dan masyarakat untuk menghadiri rapat atau kegiatan sehingga masyarakat kesulitan mengakses data-data yang dibiayai oleh pemerintah.

 

Sejak menjabat sebagai Kades Mattirotasi hingga saat ini, tidak ada peningkatan atau progres pembangunan di masyarakat, khususnya dibidang perikanan, peternakan dan perkebunan. Kepala desa Mattirotasi juga dinilai tertutup karena sampai Lembaga Adat setempat saja tidak pernah dilibatkan dan diajak berkomunikasi terkait pembangunan.

 

“Pada Tahun 2016 lalu, BumDes mendapatkan kucuran dana pengadaan mobil tangki dengan anggaran sekitar Rp 400 Juta namun tidak efektif dan terkesan mubazzir karena tidak dikelola secara profesional, masyarakat mulai mempertanyakan berapa omzet dari bisnis air tangki tersebut,” tutur Asdar.

 

Lanjut Asdar, skandal dugaan penyalahgunaan dana dari luar yang masuk ke desa tersebut berawal saat pembangunan jalan tani yang telah dianggarkan oleh Pemda sekitar Rp 250 Juta namun sampai sekarang proyek tersebut belum juga rampung. Anehnya lagi, proyek yang seharusnya dikerjakan melalui proses tender ini ternyata masuk melalui rekening Kepala Desa yang diakui sudah dikembalikan sisanya ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kab. Maros.

 

Hingga berita ini ditulis, Kades Mattirotasi belum dapat dikonfirmasi. ||Iman

 

STOP PRESS...!

Nantikan hasil penelusuran Tim Investigasi Skornews atas penggunaan ADD Minasaupa, Kab. Maros

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com