,
19 Februari 2020 | dibaca: 311 pembaca
8 Siswa Diberhentikan, Ombudsman: Pihak Sekolah Harus Pertimbangkan Sisi Kemanusiaan

SKOR News, Sulawesi Barat - Tim Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Barat melakukan tindaklanjut pengaduan terkait pemberhentian 8 orang siswa salah satu Madarasah Tsanawiyah di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

 

Kasus ini bermula karena 8 Siswa kedapatan menkonsumsi miras di lingkungan sekolah, "sekolah kita ini diharapkan menjadi oase, untuk mencegah kejadian berulang dan sebagai bentuk peringatan kepada siswa lainnya, siswa yang terlibat kita kembalikan kepada orangtuanya," kata salah seorang Guru di sekolah tersebut.

 

Orangtua siswa keberatan dengan sanksi tersebut, mereka meminta kebijakan agar pihak sekolah memberikan sanksi pembinaan terlebih dahulu. Karena tidak ada titik temu, masalah ini sampai ke Ombudsman.

 

Ombudsman telah melakukan mediasi mempertemukan orang tua siswa, komite dan pihak kementrian agama bidang pendidikan madrasah.

 

Ombudsman memberikan pandangam agar pihak sekolah dalam menerapkan sanksi tetap memperhatikan sisi kemanusiaan dan payung hukum yang jelas.

 

"Para siswa itu sudah kelas sembilan dan sebentar lagi akan mengikuti ujian nasional, pihak sekolah harus memperhatikan itu. Termasuk dasar yang digunakan dalam melakukan mekanisme pemulangan siswa tidak memiliki sandaran yang berkekuatan hukum yang kuat," terang Kepala Perwakilan ORI Sulbar, Lukman Umar.

 

Meski alot namun mediasi yang berlangsung hingga pukul 20.09 itu akhirnya menemukan titik temu yang disepakati semua pihak.

 

Pihak sekolah menerima kembali 4 orang siswa dengan catatan membuat surat pernyataan bermaterai dan ditandatangani orang tua, siswa dan pihak sekolah. Sementara 4 orang lainnya sudah tidak bisa ditolerir oleh pihak sekolah. ||Aswan Nursandi

Redaksi/Tata Usaha

Jl. SMA 14 No.16B Cawang, Jakarta Timur

Telp: +62851 0009 5520/0853 1116 6156

Bank Mandiri: 166-00-0127395-2

an. PT SOLUSI KOMUNIKASI REGIONAL

e-mail: redaksi@skornews.com

website: www.skornews.com